Gandeng GoApotik, Tokopedia Sediakan Layanan Kesehatan

  • Whatsapp
FOTO: Tampilan menu produk kesehatan GoApotik di aplikasi Tokopedia (Sumber: Margin.id)

Mengikuti jejak Gojek yang memiliki fitur Gomed serta Grab dengan Grabhealth, giliran Tokopedia menyediakan fitur serupa dalam aplikasinya. Dengan menggandeng startup GoApotik, Tokopedia kini menyediakan layanan kesehatan bagi penggunanya. Dilansir dari press release di blog Tokopedia, kerjasama ini diumumkan pad hari Kamis kemarin (21/11).

“Tokopedia selalu berkolaborasi dengan para mitra strategis kami untuk mempermudah kehidupan masyarakat, termasuk di bidang kesehatan.” kata AVP of Business Tokopedia, Jessica Stephanie Jap. Ia juga mengatakan “Kami melihat adanya kebutuhan signifikan dari masyarakat terhadap obat-obatan serta perlengkapan kesehatan di Tokopedia.”

Berkaca dari data internal Tokopedia, jumlah transaksi pada kategori kesehatan di situs Tokopedia mengalami kenaikan lebih dari 200 persen dalam rentang waktu bulan Juli-September 2019.

Lewat fitur baru ini, pengguna dapat menebus resep obat secara online dengan menguploadnya di fitur chat bersama apoteker setelah melakukan pembayaran. Mitra apotek dari GoApotik nantinya akan melakukan verifikasi benar atau tidaknya resep obat yang dikirimkan, baru kemudian pihak mitra GoApotik menyiapkan resep obat dan mengirimkannya ke alamat pembeli.

Head of GoApotik, Mohamad Salahuddin menjelaskan bahwa dengan kerjasama strategis antara GoApotik dan Tokopedia ini adalah langkah strategis untuk bersama-sama menghadirkan pelayanan kefarmasian dan penjualan obat-obatan oleh apotek yang resmi dan obat yang berizin edar serta meningkatkan eksistensi apotek dan peran apoteker di Indonesia di era digital. Untuk menjaga dan mengawasi peredaran penjualan obat di platformnya, Tokopedia juga bekerjasama dengan pihak Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *